Komputer
merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Arsitektur Von Neumann menggambarkan
komputer dengan 4 bagian utama: Arithmetic
Logic Unit (ALU), Control
Unit, Memory, dan port I/O).
A.
Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan
unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer. Contohnya adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
kontrol.
Fungsi
Komputer :
Pada prinsipnya terdapat 4 buah fungsi
operasi, yaitu :
- Operasi
Pengolahan Data (Data Processing)
- Operasi
Penyimpanan Data (Data Storage)
- Operasi
Pemindahan Data (Data Movement)
- Operasi
Kontrol (Control)
B.
Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur
Komputer adalah desain komputer yang meliputi :
1.
Set instruksi
2.
Komponen hardware
3.
Organisasi atau susunan sistemnya
Ada 2 bagian pokok arsitektur
komputer :
1. Instructure Set Architecture
Spesifikasi
yang menentukan bagaimana programmer
bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
2. Hardware System Architecture
Meliputi
subsistem hardware dasar yaitu CPU,
Memori dan I/O System.
Operasi Sistem Komputer
Secara
umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang
terhubung melalui sebuah bus yang
menyediakan akses ke memori. Umumnya, setiap device controller
bertanggung jawab atas sebuah hardware
spesifik. Setiap device dan CPU dapat
beroperasi secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah
sinkronisasi.karena itu untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem
komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk meningkatkan
performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur
data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor,
GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang
lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat
lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih
rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus
utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab
sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi
memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus
master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu
waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device.
Pada prakteknya, bridge dan bus muster ini disatukan dalam sebuah chipset.
Pada prakteknya, bridge dan bus muster ini disatukan dalam sebuah chipset.
Kesimpulan dari artikel
di atas adalah terdapat perbedaan antara organisasi komputer dengan arsitektur
komputer. Organisasi Komputer merupakan gambaran yang lebih dalam mengenai
struktur fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit blok fungsional. Contohnya adalah teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Sedangkan arsitektur komputer adalah sebuah ilmu yang bertujuan untuk
perancangan sistem komputer dengan kinerja yang tinggi serta biaya yang sesuai.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar