Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan dengan maksimal.
Pengorganisasian merupakan suatu proses pembagian kerja atau pengelompokkan tugas-tugas diantara anggota-anggota sebuah organisasi. Maksudnya adalah agar tujuan organisasi secara menyeluruh dapat dicapai secara efisien mungkin, yaitu memudahkan dalam upaya untuk mencapai tujuan dengan konsekuensi pemilihan terhadap pemikiran yang lazim tentang kemampuan memperbesar hasil kerja dengan modal biaya yang serendah-rendahnya.
Menurut Y.Warella, pengorganisasian mencakup beberapa aspek penting yang menyangkut struktur organisasi, yaitu :
a. Departementalisasi, yaitu pengelompokkan kegiatan sehingga pekerjaan yang serupa dan saling berkaitan dapat dilakukan bersama.
b. Pembagian kerja, yaitu pemecahan tugas sehingga setiap individu hanya bertanggung jawab dan melakukan sejumlah kegiatan-kegiatan tertentu saja sesuai dengan kemampuan atau keterampilan yang dimilikinya.
c. Koordinasi, yaitu proses untuk memadukan kegiatan-kegiatan dan sasaran unit-unit organisasi yang terpisah guna mencapai tujuan bersama secara efisien.
d. Rentangan manajemen, merupakan banyaknya jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang atasan.
Prinsip pengorganisasian dalam manajemen meliputi eksistensi tujuan, skala hirarkis, kesatuan perintah, pelimpah wewenang, pertanggung jawaban, pembagian kerja, rentang pengawasan, fungsional, pengelompokkan tugas, keseimbangan atau kesesuaian, fleksibilitas dan kepemimipinan.
Tujuan pengorganisasian adalah agar dalam pembagian tugas dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan pembagian tugas tersebut diharapkann setiap anggota organisasi dapat meningkatkan keterampilan atau skill yang dimilikinya secara khusus (spesialisasi) dalam menangani tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Apabila pembagian tugas dalam pengorganisasian tersebut dilaksanakan secara serampangan (tidak sesuai dengan keterampilan yang dimiliki) ,maka tidak mustahil jika organisasi itu akan menimbulkan kegagalan dalam penyelenggaraan pengorganisasian tersebut.
Upaya untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan bagi anggota organisasi, maka diperlukan team work (tim kerja) yang baik, sehingga upaya pencapaian tujuan organisasi benar-benar memberikan kepuasan yang menyeluruh dan merata bagi para anggota organisasi.
Ada beberapa syarat utama pengorganisasian, yaitu :
a. Adanya sekelompok orang yang bekerja sama;
b. Adanya tujuan-tujuan berganda yang hendak dicapai;
c. Adanya pekerjaan yang akan dikerjakan;
d. Adanya penetapan dan pengelompokkan pekerjaan;
e. Adanya wewenang dan tanggung jawab;
f. Adanya pendelegasian wewenang;
g. Adanya hubungan (relationship) antara anggota-anggota organisasi;
h. Adanya penempatan orang-orang yang akan melakukan pekerjaan; serta
i. Adanya tata tertib yang harus ditaati oleh setiap anggota di dalam sebuah organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar