Minggu, 06 Oktober 2013

Organisasi & Arsitektur Komputer


Komputer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama: Arithmetic Logic Unit  (ALU), Control Unit, Memory, dan port I/O). 

A. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer. Contohnya adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Fungsi Komputer :
Pada prinsipnya terdapat 4 buah fungsi operasi, yaitu :
- Operasi Pengolahan Data (Data Processing)
- Operasi Penyimpanan Data (Data Storage)
Operasi Pemindahan Data (Data Movement)
Operasi Kontrol (Control)

B. Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Arsitektur Komputer adalah desain komputer yang meliputi :
1. Set instruksi
2. Komponen hardware
3. Organisasi atau susunan sistemnya

Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer :
1.      Instructure Set Architecture
Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
2.      Hardware System Architecture
Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori dan I/O System.

Operasi Sistem Komputer

Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah hardware spesifik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.karena itu untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.


Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device.
Pada prakteknya, bridge dan bus muster ini disatukan dalam sebuah chipset.
 
Kesimpulan dari artikel di atas adalah terdapat perbedaan antara organisasi komputer dengan arsitektur komputer. Organisasi Komputer merupakan gambaran yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit blok fungsional. Contohnya adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Sedangkan arsitektur komputer adalah sebuah ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer dengan kinerja yang tinggi serta biaya yang sesuai.

Referensi :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar