Jumat, 18 November 2011

Ekologi dan Ilmu Lingkungan

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya makalah ini dapat saya selesaikan tepat pada waktunya. Ada pun makalah ini saya susun, untuk dapat memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan. Makalah ini saya beri judul “Ekologi dan Ilmu Lingkungan”. Saya berharap dengan disusunnya makalah ini dapat membantu masyarakat mengetahui dan memahami pengertian tentang ekologi dan ilmu lingkangan. Saya menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun saya harapkan. Akhirnya saya mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, kedua orang tua saya, dan Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen "Pengantar Lingkungan" yang telah membimbing saya, serta pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

PENDAHULUAN 
Ekologi dan Ilmu Lingkungan ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang menerapkan berbagai azas dan konsep-konsep pada masalah yang lebih luas, yang menyangkut pula hubungan manusia dengan lingkungannya.Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. 

MATERI 

http://www.slideshare.net/ganjarfebriyanipratiwi/ekologi-dan-ilmu-lingkungan-10218700

PEMBAHASAN

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari bahasa Yunani oikos “habitat” dan logos “ilmu”. Ekologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi  antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau system dengan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834-1914).
Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor  abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. 

Ilmu lingkungan adalah ilmu ekologi yang menerapkan berbagai azas dan konsep-konsep pada masalah yang lebih luas, yang menyangkut pula hubungan manusia dengan lingkungannya. Ilmu lingkungan adalah ekologi terapan. Ilmu lingkungan ini mengintegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkungannya.

VIDEO




Sebagai makhluk Allah yang paling sempurna karena diberikan akal pikiran, kita seharusnya mampu memelihara ekosistem yang ada di sekitar kita dan mengatur diri sendiri seperti halnya komponen penyusun ekosistem yaitu organisme dan populasi, bukan manusia yang cenderung hanya bisa mengganggu sistem pengendalian alamiah.

REFERENSI






Tidak ada komentar:

Posting Komentar