Sabtu, 10 Desember 2011

Tips-Tips untuk Mengurangi Resiko Kanker

1.  Menjaga Berat Badan, usaha menjaga berat badan ideal dengan baik harus dilakukan sejak dini. Kelebihan berat badan, apalagi sampai terjadi kegemukan, bisa mengundang resiko berbagai macam penyakit, termasuk kanker.
2.    Makan Buah dan Sayur Segar, mengkonsumsi buah dan sayur segar yang dianjurkan yaitu 2-3 porsi buah-buahan dan 3-5 porsi sayuran dalam sehari, untuk mendapatkan asupan antioksidan yang cukup. Makanan yang tergolong ampuh menangkal kanker diantaranya, brokoli, kembang kol, kol brussel, kubis, bayam, sawi, wortel, tomat, sirsak, stroberi, jeruk, anggur, dan lainnya. Konsumsi sayuran keluarga kubis sebaiknya dalam kondisi mentah atau setengah matang supaya fitokimia di dalamnya tidak rusak.
3.    Hindari Makan-Makanan yang Berminyak, mengkonsumsi lemak, baik lemak jenuh, lemak trans dan lemak Omega 6 dapat menjadi faktor resiko terjadinya kanker payudara. Oleh karena itu sebaiknya mengurangi mengkonsumsinya, sebaliknya ganti dengan lemak Omega 3 dan Lemak tak jenuh, misalnya yang berasal dari ikan tuna, sardines, ikan kembung, minyak zaitun (karena mengandung polifenol yang mampu melindungi dari kanker) dan alpukat.
4.    Karbohidrat secukupnya, dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat yang tepat. Makan nasi putih atau roti putih tak dilarang, tapicoba kurangi dan lebih sering menggantinya dengan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah seperti bekatul atau roti gandum yang tinggi serat dan mengandung lignin yang menyehatkan. Gula putih dan makanan yang manis juga sebaiknya dikurangi, karena dapat memicu perubahan hormonal yang akan meningkatkan pertumbuhan sel-sel dalm jaringan payudara.

5. Makan Kedelai, tambahkan konsumsi kedelai. Kedelai rebus lebih sehat untuk cemilan. Tahu, tempe dan susu kedelai juga terbukti menyehatkan. Sebuah studi epidemiologi memperlihatkan konsumsi produk kedelai berkaitan erat dengan berkurangnya resiko kanker payudara. Sebaiknya memilih produk organik atau kedelai yang tidak mengalami proses rekayasa genetika.
6.    Olahraga, olahraga yang teratur akan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga dapat menangkal kanker. Jalan cepat selama 30 menit, 5 kali seminggu, sudah cukup untuk membantu mencegah kanker. Yang penting lakukan kebiasaan sehat ini secara konsisten.
7.    Hindari Stress, selalu memelihara mental, berpikir positif,  menciptakan hubungan yang hangat dan menyenangkan dengan keluarga, rekan kerja maupun teman-teman. Menghadapi setiap detik kehidupan dengan kebahagiaan yang bersumber dari diri sendiri. Cara yang mudah dan super murah ini sangat ampuh untuk menghalangi masuknya segala penyakit termasuk kanker.
8.    Istirahat Cukup, istirahat cukup 7-8 jam sehari. Tidur tidak terlalu larut malam dan bangun di pagi hari yang segar, selain membuat pikiran sehat, juga menyehatkan badan. Tidur malam yang baik akan memberi kesempatan tubuh untuk meremajakan diri secara alami, memperbaiki sel-sel yang rusak dan hormon pertumbuhan bekerja secara optimal.
9.  Hati-Hati dengan Obat-Obatan Kimia, menghindari pemakaian obat-obatan estrogen tanpa indikasi medis yang jelas.
10. Suplemen Tambahan, jika tidak bisa mendapatkan vitamin dari makanan harian, pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin, seperti vitamin C, vitamin E, Selenium dan lainnya.
11.  Kurangi Minuman Beralkohol, membatasi atau menghindari asupan alkohol. Sebuah studi yang dinamakan The Harvard Nurses Health Study melaporkan bahwa mengkonsumsi alkohol lebih dari 1 kali sehari dapat meningkatkan kejadian kanker payudara hingga 20-25%. 


Sumber :
RB. Saputro, Lifestyle kesehatan
Majalah ASABRI edisi 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar